Selasa, 09 November 2010

LINGKARAN

LINGKARAN

DEFINISI LINGKARAN

Lingkaran adalah lengkung tertutup yang semua titik-titik pada lengkung itu berjarak sama terhadap suatu titik tertentu dalam lengkunganya itu. Titik tertentu dalam lengkungan itu disebut pusat lingkaran dan jarak tersebut disebut jari-jari lingkaran.

UNSUR-UNSUR LINGKARAN

Didalam lingkaran dapat kita temukan bagian-bagian lingkaran yang umunya disebut unsur-unsur lingkaran. Bagian- bagian lingkaran yang merupakan unsur-unsur lingkaran yang merupakan unsur-unsur lingkaran diantaranya adalah : jari-jari, busur , tali busur , apotema , diameter ,tembereng, dan juring

KELILING LINGKARAN

Keliling lingkaran adalah panjang busur/lengkung pembentuk lingkaran .keliling suatu lingkaran dapat kita ukur dengan memotong lingkaran di suatu titik , kemudian meluruskan lengkung lingkaran itu lalu kita ukur panjang garis lingkaran dengan mistar.

PENDEKATAN NILAI PI

berdasarkan percobaan pada pembahasan sebelumnya dapat kita peroleh perbandingan antara keliling lingkaran dengan diameternya. nilai perbandingan tersebut merupakan merupakan suatu bilangan yang dinytakan dengan PHI , yaitu :

PHI = K : d

Melalui percobaan-percobaan dengan ukuran diameter lingkaran yang berbeda diperoleh nilai PHI yang terletak antara 3,141 dan 3,142 . nilai PHI = 3,14159265359.pendekatan PHI adalah :

3,1 = (dibulatkan sampai satu desimal)
3,14 = (dibulatkan sampai dua desimal)
3,141= (dibulatkan sampai tiga desimal)
3,1416 =dibulatkan sampai empat desimal )

Menurut archimedes perhitungan nilai PHI dapat diambil  sama dengan 22/7.
Pengambilan ini hanya jika perhitungan cukup sampai 2 angka desimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar